Profil

Berdasarkan Surat Keterangan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 152/E/T/2012: Wajib Publikasi Ilmiah Bagi S1/S2/S3, maka dibutuhkan adanya wadah bagi para mahasiswa kesehatan untuk menyalurkan karya tulis/ artikelnya yang merupakan salah satu syarat kelulusan. ISMAFARSI memilki peran dalam mengembangkan softskill mahasiswa farmasi pada umumnya, tanpa melupakan tugasnya sebagai mahasiswa sesuai dengan Tridarma Perguruan Tinggi, maka ISMAFARSI juga turut andil dalam pengembangan dan penyebaran ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang kefarmasian.

Dalam menyikapi informasi dari surat DIKTI tersebut, ISMAFARSI dan organisasi mahasiswa kesehatan lainnya yang bernaung di DIKTI membentuk program BIMKES (Berkala Ilmiah Mahasiswa Kesehatan) yang merupakan salah satu HPEQ Project. Tujuannya adalah memberikan kemudahan bagi para mahasiswa kesehatan dalam penerbitan jurnal. Salah satu produk BIMKES adalah berkala ilmiah khusus mahasiswa farmasi yang sering disebut BIMFI (Berkala Ilmiah Mahasiswa Farmasi Indonesia), merupakan jurnal pertama dan satu satunya bagi mahasiswa farmasi di Indonesia, yang dikelola langsung oleh mahasiswa, yang kini menjadi program kerjaSekjen ISMAFARSI melalui Staf Ahli Pengembangan Pendidikan dan Profesi.

bimfi sk 1bimfi sk 2SK kepengurusan BIMFI 2015-2016

SK PENGURUS BIMFI DARI ISMAFARSI

 SK kepengurusan BIMFI 2014-2015

Berkala Ilmiah Mahasiswa Farmasi Indonesia (BIMFI) atau Indonesian Pharmacy Student Journal merupakan wadah bagi mahasiswa farmasi di seluruh Indonesia untuk mempublikasikan hasil penelitiannya terkait ilmu kefarmasian.Berkala ilmiah ini merupakan langkah awal yang dapat dilakukan ISMAFARSIdalam menanggapi tuntutan di atas. ISMAFARSI bermaksud untuk membentuk dan mewadahi kebutuhan dari para mahasiswa farmasi pada umumnya dan mahasiswa farmasi yang tidak media publikasi di universitasnya pada khususnya.Makadari itu, BIMFI berazaskan dari, oleh, dan untuk mahasiwa.

Kriteria jenis tulisan yang tercantum dalamBIMFI adalah penelitian asli, tinjauan pustaka, laporan kasus, artikel penyegar, editorial, petunjuk praktis,dan advertorial yang dibuat oleh mahasiswa farmasi Indonesia. Karya ilmiah yang dipublikasikan merupakanartikel terbaik yang sudah menjalani tahap penyaringan dan penilaian. Hal tersebut didukung olehsistem redaksional yang digunakan, yaitu seleksi oleh editor dan redaktur, serta penilaian oleh mitra bestari,yang ahli di bidangnya masing-masing.Karya ilmiah yang dimuat dalam BIMFI terbagi dalam kelompok bidang ilmu, seperti Farmakologi, Farmakoterapi, Farmasetika, Teknologi Sediaan Farmasi, Farmakognosi, Fitokimia, Kimia Farmasi, Analisis Farmasi, Mikrobiologi Farmasi, dan Bioteknologi Farmasi. Karya yang dipublikasikan adalah tulisan asli (bukan plagiat) dan sesuai dengan kompetensi mahasiswa farmasi.

Sebagai tahap awal penyebaran, BIMFI dalam bentuk cetak akan dibagikan ke beberapa Fakultas atau Prodi Farmasi di Indonesia. Pada tahap selanjutnya, BIMFI akan dibagikan ke seluruh Fakultas atau Prodi Farmasi, Asosiasi Institusi Farmasi, Organisasi Profesi Farmasi, dan beberapa perpustakaan di Indonesia untuk menjamin penyampaian informasi kepada para mahasiswa farmasi Indonesia. Selain itu, BIMFI juga tersedia dalam bentuk electronic journal yang bisa diakses di website, karena pada dasarnya BIMFI merupakan wadah publikasi dalam bentuk e-journal. Dengan demikian, BIMFI diharapkan dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa farmasi akan informasi ilmu kefarmasian.

Tujuan

Tujuan dari BIMFI adalah:

  1. Memfasilitasi kebutuhan mahasiswa farmasi untuk mempublikasikan hasil penelitian
  2. Meningkatkan jumlah publikasi hasil penelitian mahasiswa farmasi Indonesia
  3. Menerbitkan artikel ilmiah berkualitas dalam jurnal ilmiah bidang ilmu farmasi.
  4. Menghasilkan terbitan jurnal ilmiah yang berkualitas di bidang ilmu farmasi.
  5. Menyebarluaskan informasi ilmiah berkualitas hasil penelitian bidang ilmu farmasi kepada masyarakat.

Dengan tujuan tersebut, BIMFI diharapkan dapat mewadahi publikasi hasil penelitian mahasiswa farmasi sehingga meningkatkan jumlah publikasi hasil penelitian mahasiswa farmasi.Dalam perjalanannya pengelolaan e-journal sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pengelolaan majalah ilmiah pada umumnya, yang berbeda adalah media publikasinya dimana semua dipublikasi berbasis web setiap enam bulan sekali.. Seiring berjalannya waktu, BIMFI kini dapat diakses oleh mahasiswa farmasi melalui versi cetak.

Dalam kepengurusan BIMFI terdiri dari pemimpin utama, sekretaris umum, pemimpin redaksi, dewan redaksi, mitra bestari, tata letak dan ilustrasi, keuangan, dan promosi. Berkala ilmiah elektronik ini diharapkan akan dapat berjalan terus menerus dan dapat mampu berdiri sendiri tanpa tergantung terhadap pihak manapun dari segi konsep maupun pendanaan.